a World Leading Christian University
Mawar merah berjajar lima
Dibawa dengan perahu sampan
Marilah join MAZE PETRA
Untuk menggapai segala impian
Marketing Apprentice Zone atau yang biasa dikenal sebagai MAZE merupakan lomba tahunan untuk siswa-siswi SMA yang diadakan oleh Program Studi Marketing Management Universitas Kristen Petra. Untuk MAZE 2022 akan mengangkat tema The Eternal Flame.
Arti dari tema The Eternal Flame adalah ilmu marketing digambarkan seperti sebuah api yang terus menyala dimana kita sebagai pihak marketers harus selalu menjaga api tersebut agar tidak padam karena jika api tersebut padam maka dunia bisnis dan ekonomi akan mengalami kesulitan.
Dalam dunia bisnis dan ekonomi, ilmu marketing akan selalu ada dan berkembang mengikuti era globalisasi yang bertumbuh maju dengan pesat. Maka dari itu, kita harus mulai untuk meningkatkan awareness dan inovasi-inovasi baru agar tidak menggunakan ide yang sama secara terus-menerus.
Lomba ini akan diadakan selama 4 hari beserta dengan hari mentoring selama 4 hari. Pada hari pertama, akan dimulai dengan pembawaan materi mengenai The Perfect Strategy of Viral Marketing dan dilanjutkan dengan rally games untuk meningkatkan brand awareness sekaligus refreshing.
Pada hari kedua akan tersisa 20 kelompok setelah proses elimination round pada hari pertama. Acara akan dimulai dengan sesi materi yang mengangkat topik The Basics of Marketing dan dilanjutkan dengan debat untuk menentukan 8 kelompok yang akan lulus ke final round.
Pada hari terakhir 8 kelompok yang tersisa akan melakukan presentasi akhir setelah melakukan persiapan selama mentoring day bersama dengan Liaison Officer (Mentor). Penilaian akan dibantu oleh juri yang merupakan dosen dan guest pembicara. Setelah presentasi akhir, juri akan menentukan pemenang dari Marketing Apprentice Zone 2022.
INVASION 2022 kembali lagi dengan konsep yang unik karena disini Invasion tidak hanya memilki bentuk acara seminar namun juga workshop! Invasion sendiri memiliki kepanjangan Innovative Social Media Over Content Marketing yang berarti dimana kita akan membahas pentingnya konten dalam proses pemasaran.
Kami mengangkat tema ”Dare to Create Excellent Brand Through Creative Marketers” karena di era pandemi saat ini kegiatan promosi identik dilakukan secara online dan akan sangat efektif apabila kita mampu untuk mengolah dan menuangkan kreativitas melalui digital platform seperti media sosial khususnya Instagram, Youtube dan TikTok. Dengan keadaan saat ini, para pebisnis diharapkan memiliki cara berpikir yang kreatif dan mampu untuk selalu berinovasi dengan hal-hal out of the box untuk menarik minat customer sekaligus dapat membangun brand awareness dan meningkatkan loyalty para customer lama. Untuk menghadapi persaingan yang cukup keras di masa pandemi, kita sebagai pebisnis harus mengatur strategi pemasaran yang akan kita gunakan agar apa yang diciptakan dapat tersampaikan ke target pasar yang dikehendaki. Personal branding merupakan komponen terpenting yang harus dikuasai para pebisnis sehingga dapat menghasilkan konten yang memiliki makna dan nilai guna yang mudah dipahami, membekas di benak konsumen, dan memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh pengguna. Dalam acara ini, peserta akan mendapatkan materi tentang cara menciptakan personal branding, mengemas sebuah ide kreatif untuk dimasukkan kedalam sebuah brand campaign dan advertising video campaign, maka peserta akan dibekali dengan bagaimana cara membangun bisnis berkelanjutan.
Pada hari yang pertama, acara akan dikemas dalam bentuk workshop yang bertemakan How to export your skill to make digital content marketing yang akan dipandu oleh praktisi berpengalaman di bidang nya. Disini peserta akan dibekali terlebih dahulu tentang cara mengenali potensi diri lalu merubahnya di dalam bentuk content dengan mempraktikkannya langsung didampingi oleh praktisi.
Pada hari yang kedua, acara akan dikemas dalam bentuk seminar yang terdiri dari 2 sesi yang akan dipandu oleh moderator dan akan dilanjutkan dengan sesi QnA. Sesi yang pertama bertemakan “A Brand Communicates Who You Are” sebagai bentuk pengenalan akan pentingnya personal branding dalam membangun bisnis. Lalu, pada sesi yang kedua bertemakan How to grow and sustaining a start up business. Di tengah sesi juga akan ada Mini Quiz dengan hadiah Voucher OVO sebesar Rp. 200.000,00.
MARSHMALLOW merupakan salah satu acara yang diadakan oleh Marketing Program Universitas Kristen Petra untuk seluruh mahasiswa Marketing Program Universitas Kristen Petra. MARSHMALLOW berperan sebagai wadah bagi para mahasiswa Marketing untuk dapat saling mengenal, mendukung, dan saling mengasihi antar mahasiswa, agar mahasiswa Marketing Management bisa memperluas relasi pertemanan terutama dalam lingkungan perkuliahan.
MARSHMALLOW memiliki rangkaian acara yang menarik dan inovatif. Terdapat berbagai kegiatan seperti pembekalan materi seputar dunia Marketing, sesi sharing kelompok kecil, dan tentunya terdapat rally games yang seru dan asik untuk diikuti.
MARSHMALLOW tahun ini mengangkat tema besar “United to Grow”, karena kami ingin melalui kegiatan MARSHMALLOW ini mahasiswa Marketing dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam jurusan sehingga dapat berproses bersama menjadi pribadi yang dewasa serta selalu mengandalkan Tuhan.
Spirit and Talent, acara Intern IC Marketing Management UKP kembali diadakan. Tahun ini, Spirit and Talent 2022 hadir berbeda dari sebelumnya yaitu berbentuk marketing plan competition. Lomba ini menuntut kemampuan mahasiswa untuk membuat rencana pemasaran yang apik dan epik.
Diawali dengan pembekalan materi dan sharing dari pembicara yang ahli pada Day 1, peserta lomba dalam kelompok akan langsung membuat dan menerapkan rencana pemasaran terhadap suatu bisnis. Rencana pemasaran kelompok-kelompok yang terpilih, akan dipresentasikan pada Day 2!
Mengusung tema Victorious Ace, melalui Spirit and Talent 2022 diharapkan mahasiswa Marketing Management UKP mampu berproses dalam mengasah diri serta mengembangkan potensinya untuk menjadi sang jagoan sehingga mampu meraih kemenangan di masa depan.
"Marketing Through Pandemic" adalah acara Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Marketing Management Universitas Kristen Petra. Acara ini melibatkan Mahasiswa Marketing dalam rangka membantu UMKM di daerah Surabaya, yang dimana terdampak selama Pandemi. Acara ini berjalan selama 8 hari mulai dari 19 November - 27 November 2021.
Mahasiswa Marketing Program belajar memanfaatkan Digital Marketing dengan memanfaatkan aspek seperti pembuatan Digital Content, Copywriting, dan Followup, dengan pemanfaatan media digital berupa WhatsApp Business.
UMKM diberikan edukasi dan pelatihan oleh Mahasiswa Marketing Program dengan pemanfaatan media digital, mahasiswa memberikan pengenalan Digital Marketing kepada UMKM, serta memambahkan komponen Marketing kedalam usahanya untuk menumbuhkan interest dan value demi berlangsungnya usaha mereka dalam jangka panjang.
Alumni talk yang diadakan pada tanggal 19 Nov 2021 menjadi penutup rangkaian kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Marketing Program. Beberapa alumni diundang untuk membahas topik seputar Design & Creative Service dan Visual Art & Craft; Tourism; Sport & Recreation, Performance & Celebration, dan Culinary serta berbagi pengalaman mereka di marketplace untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa. Beberapa alumni tersebut adalah:
1. Amelia angeline gunawan, S.E.
Mom influencer and owner @ameltopshoes
2. Agnes Fonny
Social Media Management at Crea Indonesia
1. Tan Michael Liem, S.E., M.B.A
Director of TX Travel Tanjung Perak
Director of PT Anjaya Paramudya Perkasa
1. Yose Ega Mulyadi, S.E., M.M
Direktur PT. Egania Karya Mandiri
CO-Owner @choochoo.toysrental & @kidsneeds
Branch Manager @jeliyodrink
2. Gabriel Budi Liminto, S.E.
Football player agent
Berikut beberapa moment yang diabadikan saat alumni talk berlangsung
Kuliah tamu kedua diadakan pada tanggal 12 November 2021 dengan Bapak Felix Pancasila, S.T., M.Sc., Ph.D sebagai pembicara dengan tema inkubasi start-up. Pada kesempatan ini, Pak Felix mengajak para mahasiswa untuk mulai memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif agar suatu saat bisa membangun start-up mereka sendiri. Penjelasan dari beliau ini sekaligus menjadi pelengkap materi hak atas kekayaan intelektual yang diberikan pada kuliah tamu sebelumnya.
Berikut beberapa moment yang diabadikan saat guest lecture berlangsung
Pada tanggal 5 November 2021 Marketing UK Petra berkesempatan untuk mengadakan kuliah tamu yang membahas mengenai hak atas kekayaan intelektual dengan Bapak Hari Purnomo Chandra sebagai pembicara. Sebagai seseorang yang sudah ahli di bidang hak paten, beliau banyak membagikan ilmu dan juga pengalamannya kepada mahasiswa Marketing UK Petra khususnya mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Merek Pribadi. Meskipun dilakukan secara daring, banyak mahasiswa yang antusias dan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai materi yang beliau bagikan.
Berikut beberapa moment yang diabadikan saat guest lecture berlangsung
Kegiatan Open Forum diadakan setiap tahunnya untuk meningkatkan hubungan internal yang baik antara mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik Marketing UK Petra, yang diaplikasikan pada sebuah tema menarik yaitu “Synergize To Be Better”.
Melalui tema ini Manajemen Pemasaran UK Petra melalui mahasiswa, dosen, maupun tenaga pendidik diharapkan dapat bersinergi dan bersama-sama menciptakan lingkungan perkuliahan yang lebih baik lagi dengan saling menyampaikan apresiasi serta evaluasi antara dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik Manajemen Pemasaran UK Petra.
Who’s The Next 2021 merupakan acara bank panitia yang diadakan manajemen pemasaran universitas kristen petra. Acara ini merupakan wadah bagi mahasiswa baru manajemen pemasaran Universitas Kristen Petra untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi serta menambah pengalaman dalam kepanitiaan maupun organisasi.
Tahun ini kami mengangkat tema "Your Melody, My Harmony, Our Symphony". Di dalam tema ini kami menggambarkan mahasiswa baru Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra sebagai melody dan harmony yang saling melengkapi dan menghasilkan rangkaian acara yang indah seperti symphony. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan soft skill dalam kemampuan pengambilan keputusan, bekerjasama, berkomunikasi, beradaptasi, mengasah kreativitas dan pola pikir sebelum mahasiswa siap untuk bekerja sama dengan tim dalam kepanitiaan.
Kegiatan Who’s The Next 2021 akan dilaksanakan selama 6 hari. Dihari pertama akan ada pembekalan pengetahuan mengenai cara membuat konsep acara dan penjelasan job desc tiap divisi. Pada hari kedua, mahasiswa akan mempresentasikan konsep acara yang telah mereka buat yang akan dinilai oleh para juri. Lalu di hari ketiga, keempat, dan kelima mahasiswa akan melakukan simulasi acara sesuai bentuk acara masing-masing. Dan di hari terakir akan ada closing yang diisi dengan talkshow mengenai “And so the Adventure Begins”.
Innovative Social Media Offer Content Marketing
Marketing on Action atau yang dikenal dengan "MOTION" merupakan kegiatan non akademis yang diadakan untuk mahasiswa manajemen pemasaran dibidang olahraga. MOTION diadakan setiap tahun sebagai persiapan mahasiswa manajemen pemasaran untuk menghadapi BOM (Badan Olahraga Mahasiswa), sehingga termasuk kegiatan Pra BOM.
MOTION juga merupakan kegiatan untuk mempererat persaudaraan antar sesama Mahasiswa Manajemen Pemasaran. Lewat acara ini juga mahasiswa manajemen Pemasaran dapat mengasah kemampuan mereka dalam bidang olahraga sehingga bakat dan minat mahasiswa dapat tersalurkan.
Cabang Olahraga yang di pertandingkan di MOTION:
Studi Ekskursi Nasional "DIGITAL LIFE STYLE GEN Z"
Who's The Next atau biasa di panggil WTN ini merupakan salah satu wadah pertama kali untuk para mahasiswa baru Manajemen Pemasaran dalam melatih Soft Skill dan secara khusus membekali dalam hal human resource managment dan communication skill, karena kita tahu bahwa soft skill, human resource managment dan communication skill juga sangat lah penting dan berguna bagi kehidupan setelah kuliah.
Di WTN ini mahasiswa Manajemen Pemasaran di latih untuk dapat mengembangkan skill kepanitiaan yang paling dasar untuk mengerti bagaimana tugas-tugas dan alur komunikasi di sebuah Organisasi dan Kepanitiaan.
Dies natalis merupakan suatu kegiatan yang penting bagi setiap jurusan khususnya Pemasaran
Universitas Kristen Petra. Karena Dies Natalis merupakan acara untuk memperingati hari lahirnya
Pemasaran. Untuk menjalin persatuan antara program, alumni, dan mahasiswa, disamping itu acara ini
diselenggarakan agar generasi milenial paham bagaimana cara menghadapi dunia Marketing yang
semakin modern.
Acara ini perlu dilaksanakan agar mahasiswa Pemasaran Universitas Kristen Petra mengerti dan
memahami bagaimana cara menjadi seorang Marketing. Melalui sharing yang akan diberikan oleh alumni
melalui pengalaman-pengalaman yang sudah mereka dapatkan. Tidak hanya melakukan sharing tetapi
juga memberikan gambaran mengenai dunia kerja sekarang seperti apa . Selain itu, dengan adanya acara
ini akan timbul rasa persaudaraan antara mahasiswa aktif dengan dosen maupun alumni Manajemen
Pemasaran. Jika acara ini tidak dilaksanakan sangat disayangkan, karena tema yang dibawakan di acara ini sangat bermanfaat bagi peserta untuk masa depan. Selain itu, timbul komunikasi antara mahasiswa
aktif dengan alumni serta dosen sehingga rasa persaudaraan nantinya.
Marketing Apprentice Zone kembali lagi tahun ini! Marketing Apprentice Zone ini merupakan lomba tahunan untuk siswa-siswa SMA yang diadakan oleh Marketing Program Universitas Kristen Petra dalam rangka melakukan promosi Marketing Program. Dan tahun ini kami mengangkat tema 'A Flair to Impress: Branding in Digital Marketing'.
Tema ini menggambarkan bahwa seorang marketer harus memiliki bakat tertentu dalam melakukan analisa tajam terhadap pasar. Kata 'flair' berarti bagaimana seorang marketer harus selalu menyesuaikan diri dengan memahami dunia marketing yang terus berkembang.
Selain itu, dengan kemajuan dunia marketing saat ini, maka seorang marketer harus pintar dalam menganalisa kebutuhan konsumen serta memasarkan produknya dengan cara branding. Setelah branding sudah dijalankan, maka brand tersebut harus bisa membuat target konsumen aware terhadap brand tersebut.
Lomba ini diadakan selama 5 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 7-11 Agustus 2019. Pada hari pertama kami mengadakan penyampaian materi mengenai "Branding in Digital Marketing" dan rally games yang diselingi dengan mega games. Tujuan dari rally dan mega games ini adalah selain yang wajib diikuti oleh seluruh peserta.
Di babak kedua kami mengambil 30 besar tim dari total peserta dan akan dibagi menjadi dua hari, yaitu hari kedua dan ketiga. Hari kedua dan ketiga kami mengadakan snap rally di berbagai tempat di Surabaya Barat, diantaranya yaitu: Hokky Buah Darmo Harapan, Hadi Kitchen, Loop Graha Family, Roca Sport Center, Grand Metro. Tujuannya adalah untuk memaham corporate branding dan marketing strategy. Juga diadakan Mega Games di Food Junction.
Pada hari keempat kami mengambil 20 tim terbaik untuk masuk ke semi final. Semi final yang diadakan di Food Society ini merupakan lomba debat seputar digital marketing strategy dan corporate branding. Dan pada hari kelima kami mengambil 10 tim terbaik untuk mengikuti babak final. 10 tim ini akan melakukan presentasi mengenai "Business Plan, Branding, and Digital Marketing Strategy Bantex".
Maniac Market merupakan bazaar yang diadakan dan diorganisir oleh Marketing Program Universitas Kristen Petra. Bazaar ini merupakan acara tahunan Marketing Program yang diadakan sebagai bentuk dari praktik berjualan secara langsung dalam mata kuliah Loka Karya Penjualan dan Loka Karya Merek. Tujuan utama diadakannya Maniac Market ini adalah sebagai sarana penyalur ide-ide kreatif mahasiswa dalam mengembangkan usahanya. Sehingga ide usaha-usaha tersebut tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi juga diharapkan dapat terus berlanjut kedepannya hingga lulus nanti. Disini mahasiswa Marketing akan membuka stan bazaar dan menjualnya kepada customer.
Maniac Market diadakan pada tanggal 20-26 Mei 2019 di lantai G Pakuwon Trade Center, Surabaya. Terdapat berbagai macam jualan pada masing-masing stan bazaar yang ada. Mulai dari baju, alat makeup, skicare, batik, perhiasan, tanaman, dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat beberapa event yang diadakan selama bazaar berlangsung, diantaranya adalah NERF: Mobile Legend Competition, FIFA Competition, Makeup Class By Titan Tyra, Battle Dance Competition, Fashion Show with Din's Modelling, dan masih banyak acara-acara lainnya.
![]() |
BalasTeruskan
|
WELL-BEING IN DIGINOMICS
adalah tema pada studi ekskursi tahun ini, para peserta sangat antusias mengikuti studi ekskursi. Studi ekskursi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan hampir setiap tahun dan salah satu kegiatan wajib mahasiswa manajemen pemasaran universitas kristen petra tergantung lokal, nasional atau internasional.
kali ini studi ekskursi berskala internasional dan panitia memilih Negri Gajah Putih untuk belajar, mendalami marketing negara tersebut dan bersiswata melihat keindahan budaya thailand. pada hari pertama peserta diajak melihat Asiatique, hari kedua mahasiwa disuguhi dengan jadwa yang cukup padat mahasiswa diajak melihat dan belajar ke tempat" berikut yaituDreamworld Boncafe Coffe dan Liab Duan Night Market. hari ke tiga Siam Paragon Chulalongkorn University Platinum Mall. hari ke empat Wat Arun Icon Siam & Sook Siam dan Neon Night Market. hari ke 5 Honey Visit Shop Yao Wa Rat Fruit Market MBK Mall Center dan yang paling seru dan tidak terlupakan Dinner Cruise Chaopraya Princesshari. pada hari keenam Jim Thompson, King Power Duty Free dan Shuvanarbhumi Airport setelah itu kembali kesurabaya