Kurikulum

Program Akademik

Program S1 Marketing dapat diselesaikan dalam 3,5 sampai 4 tahun (7-8 semester) dengan total 144 SKS. Kompetensi inti (core competence) mencakup mata kuliah dari Fakultas Ekonomi yang harus diambil oleh semua mahasiswa Fakultas Ekonomi. Kompetensi khusus (special competence) mencakup mata kuliah khusus untuk siswa dari Program S1 Manajemen Pemasaran.

Topik-topik mata kuliah yang ditawarkan antara lain

  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Produk
  • Manajemen Penjualan
  • Pemasaran Jasa
  • Perilaku Pelanggan
  • Kewirausahaan Kreatif
  • Pengembangan Merek Pribadi
  • Demografi Konsumen
  • Pemasaran Usaha
  • Pemasaran Dampak Perilaku
  • Komunikasi Pemasaran Terpadu
  • Manajemen Saluran Distribusi
  • Strategi Pemasaran
  • Seminar Pemasaran
  • Brand Management
  • Quantitative Marketing Research
  • Qualitative Marketing Research
  • Business Marketing Workshop
  • Digital Marketing
  • Content Marketing
  • Marketing Data Analysis
  • Dropshipping
  • Community Development
  • Brand Growth & Sustainability
  • Visual Marketing
  • Marketing Organizational Development
  • Change Management
  • Consumer Neuroscience
  • Marketing for Social Impact
  • Pricing Strategy
  • Service Innovation
  • Design Thinking

Program juga menawarkan mata kuliah yang disertai dengan praktek untuk membantu siswa beradaptasi lebih cepat untuk dunia bisnis yang nyata, yang meliputi:

  • Workshop/lokakarya, di mana siswa mendapatkan pengalaman bisnis yang nyata dengan mendirikan dan mengoperasikan konsep bisnis start-up di sebuah mal atau pusat perbelanjaan di Surabaya.
  • Sertifikasi profesi di bidang Sales Management dan Brand Management yang membawa dunia nyata pemasaran ke dalam perkuliahan melalui sesi-sesi dosen dan praktisi kompeten yang relevan tengan kebutuhan industri saat ini.
  • Magang, yang merupakan alternatif di samping Sertifikasi Profesi bagi mahasiswa semester terakhir. Dalam magang ini program siswa akan bekerja untuk 100 hari kerja di perusahaan di Surabaya, Jakarta, Bali, atau kota-kota besar lainnya di Indonesia.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Proses belajar mengajar yang diselenggarakan oleh Program Manajemen Pemasaran mempunyai dua sasaran yang ingin dicapai, yaitu:

a. Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis, prinsip dan metode perihal menciptakan, mengelola serta menggembangkan organisasi bisnis dengan fokus kegiatan pemasaran yang efektif, efisien dan berkelanjutan, dengan menyadari bahwa pemasaran merupakan fungsi ujung tombak perusahaan.

b. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan konsep, prinsip dan metode perihal menciptakan, mengelola, dan mengembangkan perusahaan dengan fokus kegiatan pemasaran, pengembangan produk, membangun citra merek, promosi, penjualan dan distribusi.

Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
Data mata kuliah tidak ditemukan