Mata Kuliah

Pada 3 semester awal merupakan semester awal persiapan mahasiswa untuk kurikulum dasar sesuai kompetensi SARJANA EKONOMI (SE). Hampir semua program di Fakultas Ekonomi mendapatkan mata kuliah dasar ini, sehingga memungkinan untuk mahasiswa program marketing akan kuliah bersama dengan rekan-rekannya dari program lain seperti manajemen bisnis, perhotelan, pariwisata, keuangan, akuntansi pajak & akuntansi bisnis. Selain itu juga ada mata kuliah-mata kuliah dasar umum (MKDU) yang diterima oleh seluruh mahasiswa UKP, sehingga memungkinkan mahasiswa marketing juga sekelas dengan rekan-rekannya dari program di luar Fakultas Ekonomi.

Mata kuliah yang ditandai miring / italics adalah mata kuliah MKDU, sedangkan mata kuliah yang ditandai tebal / bold adalah mata kuliah yang diajarkan di dalam kurikulum program MARKETING UK PETRA.

Mata kuliah semester 1 bersifat paket jadi sudah langsung akan otomatis diambil oleh mahasiswa baru, untuk perkuliahan mulai semester 2 - 8 akan direncanakan oleh mahasiswa sendiri melalui pendaftaran mata kuliah yaitu PRS (Pendaftaran Rencana Studi) ONLINE. Berikut ini adalah rincian mata kuliah yang akan diambil selama 3 semester pertama :

SEMESTER 1 - (19 sks)

  • Ekonomi Makro
  • Pengantar Bisnis
  • Bahasa Inggris Bisnis
  • Matematika
  • Pancasila & Kewarganegaraan
  • Etika
  • Filsafat Agama

SEMESTER 2 - (20 sks)

  • Ekonomi Mikro
  • Pengantar Akuntansi
  • Pengantar Manajemen
  • Statistika
  • Hukum Bisnis
  • Mata kuliah pilihan 1 - MARKETING PRESENTATION SKILL / PERANCANGAN KONTRAK BISNIS / ENTREPRENEURSHIP / EVENT MANAGEMENT / BUSINESS TO BUSINESS MARKETING

SEMESTER 3 - (21 sks)

  • Akuntansi Keuangan Dasar
  • Akuntansi Biaya
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Produksi & Operasional
  • Statistik Lanjutan
  • MANAJEMEN PEMASARAN

Semester 4 sampai 5 merupakan semester pembentukan kompetensi pemasaran. Pada semester ini mahasiswa sudah mulai menempuh lebih dari 75% mata kuliah yang diambil dengan teori & praktek bidang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan difasilitasi oleh dosen & praktisi dalam kelas kecil berukuran 35 - 40 orang untuk mempelajari & mendalami tren terbaru serta pemahaman yang baik tentang profesi marketer. Selain perkuliahan, mahasiswa juga akan secara aktif dimotivasi untuk mengikuti kegiatan pelatihan 'soft skill' untuk meningkatkan kualitas mereka dalam bekerja kelak.

SEMESTER 4 - (21 sks)

  • Anggaran Pemasaran
  • Metodologi Penelitian
  • PERILAKU PELANGGAN
  • PEMASARAN LANJUTAN
  • PEMASARAN JASA
  • MANAJEMEN RITEL
  • Mata kuliah pilihan 2 - NEGOSIASI BISNIS / ADVERTISING & PROMOTION  / PUBLIC RELATION / EXPORT IMPORT

SEMESTER 5 - (20 sks)

  • Kebijakan Ekonomi Indonesia
  • Etika Profesi
  • MANAJEMEN PENJUALAN
  • MANAJEMEN MEREK
  • KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • MANAJEMEN PRODUK
  • RISET PEMASARAN

SEMESTER 6 - (23 sks)

  • Aspek Sosial Dalam Ekonomi
  • Akuntansi Manajemen
  • BAURAN DISTRIBUSI
  • STRATEGI PEMASARAN
  • PEMASARAN INTERNASIONAL
  • LOKAKARYA SALES MANAGEMENT
  • LOKAKARYA BRAND COMMUNICATION
  • QUALITATIVE MARKETING ANALYSIS

Semester ke-6 dan 7 adalah semester penentuan untuk pemilihan konsentrasi di bidang marketing. Selama 2 semester sebelumnya, mahasiswa sudah mendapatkan dasar-dasar yang dibutuhkan dalam pemasaran, serta sudah mulai mencoba mata kuliah pengantar pada masing-masing konsentrasi. Mahasiswa yang memilih konsentrasi SALES MANAGEMENT diharapkan memiliki minat & bakat yang baik pada mata kuliah MANAJEMEN PENJUALAN, MANAJEMEN RITEL & BAURAN DISTRIBUSI, sedangkan mahasiswa yang akan memilih konsentrasi BRAND COMMUNICATION diharapkan memiliki bakat & minat yang baik pada mata kuliah MANAJEMEN PRODUK, MANAJEMEN MEREK & KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU.

Sesudah pemilihan konsentrasi, mahasiswa dapat memilih jalur untuk TUGAS AKHIR melalui program MAGANG (6 sks) atau SERTIFIKASI PROFESI (6 sks). Program magang umumnya hanya bisa diambil pada semester 8 karena dipersyaratkan sudah harus lulus semua mata kuliah untuk bisa menjalani magang penuh selama 4 bulan kerja. Sertifikasi profesi dapat diambil pada semester 6 atau 7 dengan syarat mahasiswa sudah lulus 3 mata kuliah prasyarat tiap konsentrasi dan sudah menyelesaikan 100 sks perkuliahan dengan status lulus (tanpa D atau E).

SEMESTER 7 - (17 SKS)

  • MANAJEMEN STRATEGIK
  • STRATEGI PEMASARAN
  • SEMINAR PEMASARAN
  • Mata kuliah pilihan 3 & 4 - CROSS CULTURAL MARKETING / PROPERTY MARKETING / ENTERTAINMENT MARKETING / E-RETAIL
  • MATA KULIAH PROFESI (6 sks) - BRAND COMMUNICATION 1 & 2 atau SALES MANAGEMENT 1 & 2

Magang merupakan bentuk kerja praktek mahasiswa di perusahaan, baik perusahaan yang merupakan mitra program MARKETING UKP maupun perusahaan yang disurvey & diajukan oleh mahasiswa. Magang ini berlangsung sekurang-kurangnya 4 bulan dengan jam kerja sesuai jam kerja perusahaan. Mahasiswa yang mengambil magang pada semester 8 harus sudah dalam kondisi / status sudah menyelesaikan semua mata kuliah yang ada (134 sks) kondisi lulus (tanpa D atau E).

SEMESTER 8 - (4 SKS)

  • MAGANG (6 sks)
  • TUGAS AKHIR (4 sks)

Sidang akan dilakukan dalam 2 tahap (kecuali untuk magang). Sidang MAGANG & TA (Tugas Akhir) dapat diajukan tiap bulan dengan mengumpulkan semua berkas yang dipersyaratkan, kemudian staf tata usaha marketing akan mempersiapkan jadwal yang memungkinkan untuk mahasiswa tersebut diuji oleh dosen maupun praktisi penguji.

Yudisium merupakan tahap akhir dari fakultas yang menjadi prasyarat untuk wisuda. Pada saat mahasiswa sudah lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan dan sudah lulus sidang TA / MAGANG, maka mahasiswa akan mengajukan untuk proses yudisium untuk nantinya bisa diwisuda. Wisuda di UK PETRA diselenggarakan 2 kali dalam setahun, yaitu umumnya di bulan Februari & Agustus.