Sejarah

1982 - Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra menandai tahun 1982 dengan lahirnya Jurusan Manajemen berdampingan dengan Jurusan Akuntansi.

 

1987 - Konsentrasi Manajemen Pemasaran
Jurusan Manajemen dikembangkan dengan membuka peminatan beberapa konsentrasi sesuai kebutuhan industri saat itu: Keuangan, Sumber Daya Manusia, Real Estate, dan Pemasaran.

 

2002 - Prototype Program Manajemen Pemasaran
Para senior lecturers di Jurusan Manajemen kemudian mengembangkan konsentrasi Pemasaran untuk menjadi sebuah program seperti layaknya Program Manajemen Perhotelan, Program Manajemen Pariwisata, dan International Business Management Program.

 

2003 - Program S1 Marketing
Proses pengembangan konsentrasi Pemasaran diakhiri dengan lahirnya Program S1 Marketing Universitas Kristen Petra (MARKETING UKP) pada bulan Mei 2003. Peresmian dilakukan dengan mengisyaratkan pada publik bahwa terdapat muatan praktis yang cukup kental dalam pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran. Peresmian MARKETING UKP ditandai dengan seminar praktisi dengan para saksi antara lain Daniel Surya (LANDOR Associates), Yadi Budhisetiawan (FORCEONE Consulting), Jahja B. Soenarjo (DIREXION Consulting), Teguh Pranoto (KALBE FOODS), Kemal E. Gani (Majalah SWA), dan Stephen Ng (IMAGO School of Modern Advertising).

 

2006 - Prototype Program Young Marketer
Tradisi proses pembelajaran yang berbasis proyek terus dipertahankan dan dikembangkan hingga di tahun 2006 MP UKP membentuk prototype program 'young marketer' yang membawa dunia kerja nyata ke dalam perkuliahan. Program ini disempurnakan di tahun 2007 dalam bentuk sertifikasi profesi dengan mengundang para praktisi terbaik di bidang marketing research, selling and distribution, product development, dan marketing communication. 

 

2007 - Program Sertifikasi Profesi
Program Young Marketer dimatangkan menjadi Program Sertifikasi Profesi untuk menaungi dua konsentrasi utama di MARKETING UKP yaitu Sales Management dan Brand Communication. Melalui kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI), FORCE ONE Consulting, dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) tingkat pusat, MARKETING UKP memberikan gelar profesi CPSM (Certified Profesionnal in Sales Management) dan CPBC (Certified Professional in Brand Communication). Program ini berlangsung hingga saat ini dengan permintaan aktif peserta pada bidang Brand Communication.

  

2015 - Akreditasi A
Di tahun 2015, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra memperoleh status Terakreditasi Peringkat A (tertinggi) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (SK. No. 530/SK/BAN-PT/S/VI/2015).

 

2015-2018 - Moving Forward!
Hingga tulisan ini dibuat, MARKETING UKP terus berbenah dengan mengembangkan kurikulum yang menyambut kebutuhan industri marketing di era disrupsi dan digital transformation. Beberapa mata kuliah utama telah didesain untuk membahas lebih dalam topik-topik yang relevan dengan industri digital saat ini, diantaranya adalah personal branding, corporate and product branding, consumer insights from digital data, digital marketing khususnya social media marketing, dan consumer behavior in digital era. MARKETING UKP memiliki fasilitas lab pemasaran yang terus diberdayakan untuk riset berbasis data yang memfasilitasi baik perusahaan maupun mahasiswa untuk mempraktekkan pengambilan keputusan-keputusan stratejik baik itu konseptualisasi dan pengembangan bisnis maupun riset-riset para akademisi marketing termasuk dosen-dosen di lingkup program dan fakultas.